Kota Pontianak Gelar Lomba Sampan Tradisional di Sungai


Pontianakkita, Pemerintah Kota Pontianak melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pontianak menggelar kegiatan lomba sampan tradisional di Sungai Jawi, persimpangan Jl H Rais Abdul Rahman - Jl Husin Hamzah, tepatnya di depan Gang Margodadirejo, Pontianak Kota, Sabtu (10/10/2015).
Kegiatan ini gelar dalam rangka memeriahkan HUT ke-244 Kota Pontianak.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Pontianak, Hilfira Hamid, mengatakan, untuk tahun ini kemasan tampilan lomba sampan sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sebab, disertai dengan beberapa permainan rakyat tradisional lainnya sebagai tambahan, di antaranya permaianan rakyat panjat pinang, lomba melukis wisata jawi indah untuk anak-anak.
Selain itu, ada gelar kuliner yang diisi oleh ibu-ibu PKK Kecamatan Pontianak Barat dan Pontianak Kota, serta dimeriahkan dengan perlombaan karoke suka-suka yang sudah diadakan sejak Kamis lalu.
"Dengan banyaknya sungai-sungai dan parit yang menyebar secara merata hampir di seluruh pelosok Kota Pontianak, sehingga Kota Pontianak dikenal pula dengan julukan Kota Seribu Parit. Bukan merupakan suatu yang berlebihan jika budaya menggunakan sampan tradisional sudah dikenal oleh masyarakat Kota Pontianak sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu sebagai salah satu sarana transportasi yang memiliki peranan penting dalam menggerakan perekonomian masyarakat Kota Pontianak," kata Hilfira.
Event tersebut diharapkan dapat menghibur masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke Kota Pontianak, kegiatan lomba sampan ini juga bertujuan sebagai wadah dalam upaya menggali, melestarikan serta mengembangkan nilai-nilai budaya daerah sekaligus untuk memperkaya pesona budaya Kota Pontianak dan sebagai wadah untuk menjaga kemurnian nilai-nilai kearifan budaya lokal Kota Pontianak.

sumber: http://pontianak.tribunnews.com/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kota Pontianak Gelar Lomba Sampan Tradisional di Sungai"