Pontianak Terkini! Apakah Sudah Bisa Menyaingi Kota Maju Lainnya?

Pontianak

Sepanjang tahun 2015, Kota Pontianak terus berbenah menata kotanya agar lebih rapi dan indah sehingga menimbulkan rasa nyaman bagi warga yang tinggal di dalamnya. Beberapa pembangunan dilakukan, mulai dari pembangunan baru maupun merenovasi yang sudah ada sebelumnya. Berikut kami berikan update informasi tentang pembangunan yang membuat Kota Pontianak jadi tambah keren.


Kawasan di sekitar bundaran Tugu Digulis menjadi salah satu daerah yang dilakukan renovasi. Jika tahun sebelumnya dipusatkan pada Tugu Digulis dan pembangunan Jogging Track, tahun ini Pemkot Pontianak mencoba menata halaman di sekeliling bundaran tersebut. Dari gambar sketsa yang dirancang, dapat dibayangkan nantinya akan terdapat tangga/tupak yang dihiasi dengan bunga-bunga. Masih jadi pertanyaan apakah tangga tersebut memang akan dijadikan taman atau tempat warga untuk duduk bersantai. Jika nantinya warga bisa jalan di tangga tersebut, maka akan ada resiko taman tersebut jadi rusak karena terinjak. Public space menjadi concern pemkot dalam menata Kota Pontianak. Salah satu ikon yang terkenal di Pontianak, taman alun kapuas juga direnovasi. Memang tidak terlalu signifikan perubahan yang dilakukan, karena perombakan besar telah dilakukan tahun sebelumnya.
Gambar : skyscrapercity.com

Melanjutkan progres dari tahun sebelumnya, di tahun 2015 ini juga terdapat beberapa tugu/monumen di tengah kota yang mendapat perbaikan. Ada yang dirobohkan, ada pula yang direnovasi dan dicat ulang. Berbicara soal tugu, mungkin pembaca disini ada yang bisa berbagi informasi tentang nama-nama tugu yang ada di Pontianak ini seperti terlihat pada gambar. Tugu yang berada di pertigaan Jl. Teuku Umar, Jl. Merdeka, dan Pasar Mawar ini dicat jadi berwarna hijau sehingga terlihat lebih segar meskipun disekitarnya masih terdapat tumpukan sampah. Adapula tugu adipura yang mejadi simbol bahwa Kota Pontianak pernah meraih penghargaan Kota Terbersih se-Indonesia. Kemudian tugu di Kota Baru yang melambangkan tentang aliran Sungai Kapuas yang melewati Kota Pontianak.



Salah satu pembangunan yang cukup pesat di Kota pontianak adalah pembangunan hotel jaringan nasional. Mulai dari Best Western di Jl. S.S. Abdurahman. Kemudian ada Hotel Golden Tulip di Jl. Teuku Umar. Hotel Harris di Jl. Gajahmada. dan beberapa hotel kelas melati lainnya. Semakin banyaknya pembangunan hotel juga didukung dengan pintu masuk yang melakukan optimalisasi layanan maupun infrastrukturnya. Salah satunya Bandar Udara Supadio yang telah resmi beroperasi dengan bangunan barunya sejak Juli 2015. 

Gambar : instagram.com
Di luar Pontianak, terdapat beberapa pembangunan yang cukup siginifikan salah satunya Jembatan Tayan. Jembatan yang berada di Kabupaten Sanggau ini merupakan jembatan terpanjang di Pulau Kalimantan dengan panjang 1,5 km dan menjadi penghubung antara Kalimantan Barat dengan Kalimantan Tengah. Jembatan ini mulai digunakan untuk umum sekitar bulan November 2015.






Jembatan yang melintasi Sungai Kapuas di Kabupaten Sanggau ini menyelesaikan problem poros utama Kalimantan, yang selama ini harus menggunakan kapal feri penyeberangan bila melewati jalur ini. Jembatan Tayan menghubungkan Desa Tayan dan Desa Piasak, Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau. Ini merupakan infrastruktur utama yang menghubungkan jalan trans Kalimantan poros selatan di wilayah Kalbar. Jalan trans Kalimantan poros selatan, tahun lalu, sudah menghubungkan Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya, dan Kabupaten Sanggau. Setelah Jembatan Tayan selesai dibangun, Kabupaten Sanggau akan terhubung dengan Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara.

Sumber: pontinesia(dot)com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pontianak Terkini! Apakah Sudah Bisa Menyaingi Kota Maju Lainnya?"